Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pemupukan Tanaman Cengkeh

Cara Pemupukan Tanaman Cengkeh
Tanaman cengkeh (Syzygium aromaticum L Merr & Perry), termasuk dalam famili Myrtaceae untuk dapat tumbuh dan berproduksi memerlukan persyaratan lingkungan tumbuh yang spesifik. Tujuan pemupukan terutama untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman sehingga secara bertahap kondisi tanaman akan pulih kembali dengan penutupan tajuk dan produksi akan meningkat.Sebelum dilakukan pemupukan di sekitar batang sampai di bawah proyeksi tajuk terluar harus bersih dari gulma, cukup dengan tangan atau ganco untuk membersihkannya.

Pemupukan dengan NPK dilakukan dengan dosis 10 gr/pohon/tahun atau dengan Urea, SP-36 dan KCl dengan dosis masing-masing 3,5 gr/bibit/tahun . Pupuk tersebut diberikan tiap 3 bulan sekali sedangkan untuk yang didalam polibag diberikan sebanyak 1,5 bulan sekali.

Pemberian pupuk kandang bertujuan untuk meningkatkan jumlah hara yang dapat diserap oleh tanaman, diberikan setahun dua kali yaitu pada awal musim hujan.Dosis pemberian pupuk kandang antara 5 – 10 kg/pohon,jenis pupuk kandang yaitu dari kotoran sapi,kerbau atau kambing yang telah mengalami pelapukan.

Tanaman cengkeh mempunyai perakaran dengan akar rambut yang menyebar mulai dari pangkal batang sampai ke proyeksi tajuk terluar. Oleh karena itu agar pupuk yang diberikan efektif dan efisien harus dibagi menjadi dua, duapertiga bagian diberikan pada alur dangkal sedalam 5-10 cm di sekeliling proyeksi tajuk terluar kemudian ditutup kembali dengan tanah.Sepertiga sisanya diberikan dengan cara disebar sekitar tajuk bagian bawah kemudian ditutup dengan tanah.

Waktu Pemberian Pupuk


  • Pemberian pupuk umur tanaman 1 tahun Urea 0,06 kg/phn/thn, TSP 0,05 kg/phn/thn dan KCl 0,035 kg/phn/thn ditambah pupuk Kieserit 0,035 kg/phn/thn serta kapur pertanian ( dolomit ) sebayak 0,5 kg/phn/tahun.
  • Untuk umur tanaman 3 tahun pemberian pupuk lebih banyak dibandingkan umur sebelumnya yaitu Urea sebesar 0,25 kg/phn/thn, TSP 0,15 kg/phn/thn dan KCl 0,12 kg/phn/thn ditambah pupuk Kiserit 0,1 kg dan Dolomit 0,5 kg/phn/thn.
  • Sedangkan untuk cengkeh yang berumur 6 tahun diberikan pupuk anorganik sebagai berikut, Urea 0,9 kg,TSP 0,6 kg dan KCl 0,6 kg/phn/thn serta pupuk Kiserit 0,25 kg/phn/thn .
  • Umur tanaman 10 tahun diberikan pupuk Urea 3 kg, TSP 0,8 kg dan KCl 2,0 kg serta pupuk Kiserit 0,8 kg/phn/thn.