Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Bubur California untuk Pengendalian Penyakit Diplodia PadaTanaman Jeruk

Cara Membuat Bubur California
Salah satu penyakit yang menyerang tanaman jeruk pada umumnya adalah penyakit diplodia (blendok). Tanaman jeruk yang diserang beragam yaitu jeruk RGL, siam dan kalamansi. Penyakit diplodia terdiri dari dua jenis yaitu diplodia kering dan diplodia basah.

Diplodia basah ditunjukkan dengan reaksi setelah infeksi pada batang, cabang dan ranting mengeluarkan blendok berwarna kuning keemasan, dan pada stadia lanjut kulit tanaman mengelupas dan dapat mengakibatkan kematian. Diplodia kering menampakkan gejala kulit batang dan cabang akan mengelupas langsung mengering dan tidak mengeluarkan blendok, sehingga gejala awal sulit diamati.

Pencegahan dan pengendalian penyakit dilakukan dengan menjaga kebersihan kebun dengan memangkas ranting kering dan cabang yang terserang penyakit, dan ranting pangkasan dibakar atau ditimbun; menjaga kebersihan alat pertanian seperti pisau, gunting pangkas maupun gergaji atau alat lainnya, selalu dicuci bersih dan diolesi kapas yang dibasahi alkohol 70% atau cloraks 5%, sebelum dan sesudah digunakan; menyaput/melaburkan batang dan cabang dengan bubur kalifornia (belerang).

Sebelum dilabur batang dan cabang dibersihkan dengan sikat plastik/ijuk, kemudian baru dilaburkan secara merata pada batang, cabang dan ranting. Pelaburan dapat dilakukan setiap 3 bulan sekali. Pelaburan jangan dilakukan pada musim kemarau.

Cara pembuatan bubur California


Bahan :

  • 1 bagian serbuk belerang
  • 2 bagian kapur hidup (CaO)
  • 10 bagian air bersih

Cara membuat:

  1. Kapur hidup disiram air dingin hingga larut dan mengendap sampai air benar-benar tidak dapat terserap oleh kapur, kemudian bagian air jernih yang tidak terserap dibuang.
  2. Rebus 10 bagian air sampai mendidih, kemudian 1 bagian serbuk belerang dimasukkan sedikit demi sedikit, sambil diaduk dan dipanaskan lagi.
  3. Dua bagian endapan kapur mati (CaCO3) kemudian dimasukkan sedikit demi sedikit ke dalam larutan belerang yang sudah mendidih.
  4. Larutan akan berubah menjadi warna merah yang mengindikasikan bubur kalifornia telah jadi, dan siap untuk diaplikasikan sebagai fungisida.