Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Telur Asin Rasa Ikan Salmon

Telur Asin Rasa Ikan Salmon
Telur asin rasa ikan salamon membuat penasaran banyak pecinta telur asin. Berikut ini adalah kutipan dari cybex.pertanian.go.id mengenai sosok dan cara pembuatan telur asin rasa ikan salmon ini.

Rasbani merupakan sosok petani itik yang ulet, terbuka, ramah dan tidak pelit untuk menularkan pengalamannya mengolah berbagai olahan telur yang ia hasilkan. Pada usianya sekitar 60 tahun, perannya pada kelompok tani Sarwosari Desa Sarwodadi Kecamatan Comal sangatlah penting.

Sejak peternak itik di desanya membentuk kelompok ia aktif sebagai seksi penetasan yang kebetulan sesuai dengan usahanya yang ia geluti selama ini. Dibantu oleh keluarganya Rasbani mengembangkan usahanya mengolah telur itik menjadi berbagai macam. Telur itik yang ia hasilkan seperti telur asin, telur bakar, telur asap, telur goreng rasa ikan salmon.

Berbagai rasa telur itik yang dihasilkan dijajakan sendiri dirumahnya dengan membuka etalase dan juga dipasarkan bekerjasama tetangganya ke kota Pemalang, Tegal, Pekalongan, Brebes, Purwokerto dan Purbalingga. Berkat kegigihannya mengelola usaha penetasan dan pengolahan telur itik ia mampu mengantarkan ketigaanaknya hingga selesai mondok di Pondok Pesantren Tegalharjo Kabupaten Magelang.

Menilik usaha pengolahan telur yang ia jalankan ada sesuatu yang menarik untuk merasakan.. Terur itik goreng rasa salmon namanya yang merupakan produk andalan yang laris manis banyak terjual. Rasa gurih, masir , sedikit berminyak dan tidak amis merupakan kelebihan dari terur itik goreng rasa ikan salmon.

Resep pembutan telur itik goreng ikan Salmon ala Pak Rasbani:

Bahan  dan alat untuk membuat telur asin rasa ikan salmon:
  • Telur bebek 10 butir
  • Air secukupnya
  • Garam krosak 300 gr
  • Pasta bubuk bata dan lumpur
  • Abu gosok yg biasanya untuk mencuci piring
  • Wadah kedap udara
  • Minyak sayur
  • Daun salam
  • Kuali
Cara membuat telur asin rasa ikan salmon:
  1. Cuci bersih telur bebek dengan cara menyikat perlahan permukaan telur dgn amplas kertas/ sabut kelapa untuk menghilangkan kotoran di kulit telur dan membuka pori-pori telur agar dpt menyerap air garam dan pasta.
  2. Campur bubuk bata/abu gosok, air, garam, dan pasta rasa sesuai selera
  3. Rendam Telur bebek ke dalam campuran diatas dan simpan telur ke dalam tupperware/wadah kedap udara.
  4. Diamkan +/- 3minggu
  5. Setelah 3 minggu telur siap dipanen.
  6. Cuci bersih telur dan lakukan perebusan selama 2 jam
  7. Entaskan dan tiris sampai dingin
  8. Tuangkan minyak sayur ke dalam kuali
  9. Tambahkan daun salam biar aromanya lebih terasa
  10. Masukkan telur ke dalam kuali dalam kondisi api kecil dan biarkan selama 6 jam
  11. Entaskan dan tiriskan kemudian di lap
  12. Telur siap dikonsumsi atau dikemas dan dipasarkan.
  13. Minyak sayur dapat dipakai 3x pembuatan telur asin rasa ikan salmon
Telur asin rasa ikan salmon ini dapat bertahan selama 2 sampai 3 minggu. Variasi rasa telur asin merupakan kreatifitas dalam mengolah telur itik menjadi produk yang memilki citarasa yang beraneka .

Kreatifitas atau inovasi dalam mengolah telur asin dapat menjadi sebuah peluang usaha dan bila usaha ini ditekuni bukan mustahil mampu memberikan imbalan yang cukup dan sebagai sumber pendapatan yang menjanjikan.

Sumber:
  • Rasbani, Kelompok Tani Ternak Itik Sarwosari Desa Sarwodadi Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang Jawa Tengah.
  • http://cybex.pertanian.go.id/materilokalita/detail/11606/telur-asin-rasa-ikan-salmon